Manalu, Cicy Viorista B. (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341019 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7103341019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
7103341019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
7103341019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7103341019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103341019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341019 BAB I.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
7103341019 BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103341019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kisaran yang beralamat di Jalan Sitarda Nusantara VIII Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 yang berjumlah 38 orang siswa. Adapun objek penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Dari analisis diperoleh nilai rata-rata pre test sebelum dilakukan tindakan adalah 67,76 dimana 10 siswa (26,3%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Pada post test siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,73 dimana 25 siswa (65,8%) siswa dinyatakan tuntas dan dari hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I diketahui bahwa 19 orang siswa tergolong aktif, 10 orang siswa tergolong cukup aktif, dan 9 orang siswa tergolong tidak aktif. Hasil pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada post test siklus II diperoleh nilai rata-rata 87,76 dimana 35 siswa (92,1%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan 30 orang siswa tergolong aktif, 5 orang siswa tergolong cukup aktif, dan 3 orang siswa tergolong tidak aktif. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Maka dapat dikatakan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Kisaran. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa Kelas X-1 SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Man p |
Keywords: | Model Pembelajaran; STAD; Strategi Pembelajaran; Everyone Is A Teacher Here; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13962 |