Hutagaol, Yulia Morannita (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK SWASTA MARISI MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141157 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7103141157 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
7103141157 PREFACE.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7103141157 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
7103141157 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103141157 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141157 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141157 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141157 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
7103141157 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103141157 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK Swasta Marisi Medan T.P 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Swasta Marisi Medan T.P 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Swasta Marisi Medan T.P 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP-1 sebagai kelas eksperimen dan XI AP-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Listening Team lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran Listening Team adalah pretest 31,09 dan postest sebesar 73,44. Sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 29,68 dan postest sebesar 65,93. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,112 > 1,670 pada taraf signifikansi 95% dan α=0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan strategi pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar kewirausahaan kelas XI SMK Swasta Marisi Medan T.P 2013/2014 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Hut p |
Keywords: | strategi; pembelajaran; prinsip- prinsip; variabel; listening team; metode; convensional; hasil belajar; kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13961 |