Sinaga, Anggreyni (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PAB 2 HELVETIA T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341008 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7103341008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
7103341008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
7103341008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
7103341008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
7103341008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341008 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
7103341008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103341008 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan dan tidak sesuai dengan harapan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing terhadap hasil belajar siswa di kelas XII AP SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia pada semseter ganjil Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan AP SMK PAB 2 Helvetia yang berjumlah 104 orang dengan sampel siswa kelas XII AP 2 dan XII AP 3 yang berjumlah 65 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar (pre test dan post test) dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item dengan uji instrumen berupa validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran tes. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing rata-rata pre test sebesar 48,28 dengan standar deviasi 10,44 sedangkan rata-rata post test sebesar 81,87 dengan standar deviasi 11,34. Sementara untuk hasil belajar siswa kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional diperoleh rata-rata pre test 48,48 dengan standar deviasi 11,69 dan rata-rata post test sebesar 72,42 dengan standar deviasinya sebesar 12,44.Dari data perhitungan uji hipotesis pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan dk (n1+n2-2) yaitu dk= 63 diperoleh thitung = 3,198 dan ttabel = 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung>ttabel atau 3,198 >1,669. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima atau ada pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XII AP SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Sin p |
Keywords: | hsil belajar; model pembelajaran kooperatif; teknik kancing gemerincing; variabel penelitian; analisis data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13959 |