Siregar, Siti Maisarah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK SWASTA SRI LANGKAT TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141051 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7102141051 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
7102141051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7102141051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
7102141051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7102141051 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7102141051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7102141051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7102141051 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
7102141051 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7102141051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di kelas X SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura tahun pembelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X AP-1 sebagai kelas eksperimen dan X AP-2 sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah sampel itu berdistribusi normal atau tidak, uji homogenitas untuk mencari sampel varians yang sama atau homogen, uji hipotesis yaitu jawaban sementara dari rumusan masalah penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,25 dengan standar deviasi sebesar 11,26. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 63,63 dengan standar deviasi 10,19. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t dengan dk= n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,81 dan ttabel sebesar 1,667. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,81 > 1,667) dengan kata lain hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di kelas X SMK Swasta Sri Langkat Tanjung Pura tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421.071 9 Sir p |
Keywords: | pembelajaran; kooperatif; STAD; langkah-langkah; konvensional; hasil belajar; kewirausahaan; model |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13953 |