Hasibuan, Hermayani (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X MAN BARUMUN TENGAH T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141016 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7102141016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
7102141016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
7102141016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7102141016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
7102141016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7102141016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7102141016 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
7102141016 BAB V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
7102141016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini salah satunya adalah “ Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X MAN Barumun Tengah T.P 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MAN Barumun Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Barumun Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 148 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Snowball Throwing adalah pretes sebesar 45,46 dan postes sebesar 75,46 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 38,90 dan postes sebesar 64,06. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,140 > 1,66967 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X MAN Barumun Tengah T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Has p |
Keywords: | hasil belajar; ekonomi; model pembelajaran; kooperatif; konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13952 |