Tumangger, Friska Sofianti (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MIND MAPPING DENGAN INDEX CARD MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK MULIA PRATAMA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141062 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
709141062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
709141062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
709141062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
709141062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
709141062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
709141062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
709141062 BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
709141062 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
709141062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kewirausahaan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dan Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Mulia Pratama Medan Jl. Jahe No. 1 T.A 1013/2014 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Mulia Pratama Medan yang berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes hasil belajar. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswa dengan 32,5%. Data postes siklus I dengan rata-rata nilai 62,5% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 30%. Sedangkan, data postes siklus II dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 87,5% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 25%.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dan Index Card Match pada standar kompetensi Merencanakan Usaha Kecil/Mikro di kelas XI SMK Mulia Pratama Medan Tahun ajaran 2013/2014 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dan Index Card Match dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Kewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Tum p |
Keywords: | Model pembelajaran; Kooperatif mind mapping; Langkah - langkah; Kunggulan dan kelemahan; Index card match; kewirausahaan siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13942 |