Sianipar, Farida E. (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141053 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709141053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
709141053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
709141053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
709141053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
709141053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
709141053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
709141053 BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
709141053 BAB V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
709141053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XII IS 1 SMA Negeri 14 Medan T.P 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran Co-op Co-op dengan strategi pembelajaran Information Search.Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IS 1 SMA Negeri 14 Medan T.P 2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas XII IS 1 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Data hasil obervasi aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hanya 8 orang atau 22,86% siswa dengan Kriteria Sangat Aktif dan Aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 29 orang atau 82,86% siswa sudah melebihi Aktif dan Sangat Aktif. Selanjutnya nilai hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 14 orang (40%) siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 56,66. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar menjadi 30 orang orang (85,71 %) siswa dengan nilai rata-rata 81,20. Dengan demikian, ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 45,71% dengan peningkatan rata-rata nilai 24,54. Adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung13,26 > ttabel2,03.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Co-op Co-op dengan strategi pembelajaran Information Search di kelas XII IS 1 SMA Negeri 14 Medan T.P 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Far p |
Keywords: | Model pembelajaran; Co - op - co - op and strategi informasi search; Co - op - co - op; Strategi informasi search; Akuntansi; Aktivitas. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13932 |