Tambunan, Ardi Saputra (2013) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGIPEMBELAJARAN PEER LESSONS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHINGUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XIIIS 2 SMA SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441005 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
709441005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
709441005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
709441005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
709441005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
709441005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
709441005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
709441005 BAB I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
709441005 BAB V.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
709441005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansisiswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 2 SMASwasta Dharma Pancasila Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 denganpenerapan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Peer Lessons dengan StrategiPembelajaran Guided Teaching.Penelitian ini dilaksankan di SMA Swasta Dharma Pancasila Medan. Subjekdalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 2 dengan jumlah siswa 35 orang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK yang terdiri dari duasiklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatandan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknikanalisa data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatifBerdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I kesiklus II. Pada siklus I diperoleh 54 2 atau 19 orang untuk kriteria aktif dansangat aktif dengan rata-rata 22 9 Sedangkan pada siklus II diperoleh 85 7 atau30 orang untuk kriteria aktif dan sangat aktif dengan rata rata 25 8 Sehinggaaktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 31 5 Selanjutnyates yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 14 orang dari 35 orang siswa yangmendapat nilai 70 atau sebesar 40% dan 21 orang mendapat nilai 70 atausebesar 60 dengan nilai rata-rata 62 85. Pada siklus II yang memperoleh nilai70 sebanyak 27 orang 77 14 dan siswa yang memperoleh 70 sebanyak 8orang 22 85 dengan nilai rata-rata sebesar 80 02. Jadi peningkatan nilai rataratadari siklus I ke siklus II sebesar 17 17 37 14 Pengujian signifikan hasilbelajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dengan dk n 1pada 0 05 dan n 35. Dari data perhitungan diperoleh thitung 13 dan ttabel1 69092 hasil pengujian menunjukkan thitung ttabel yaitu 13 1 69092. Dengankata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan KolaborasiStrategi Pembelajaran Peer Lessons dengan Strategi Pembelajaran GuidedTeaching di kelas XII IS 2 SMA Swasta Dharma Pancasila Medan TahunPembelajaran 2013/2014 dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansisiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657 071 /Ard/p |
Keywords: | Strategi peer lessong ; Strategi guided teaching ; Peer lessong and buded teaching ; Aktivitas ; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13930 |