Chan, Wenny Nofita Sari (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN COLLEGE BALL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141238 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141238 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
709141238 PREFACE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
709141238 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709141238 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
709141238 LIST OF TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
709141238 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
709141238 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
709141238 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
709141238 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Strategi Pembelajaran College Ball dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 55% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 69,25%, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 80% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 82% yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebessar 52,5%. Pada siklus I diperoleh hasil 25% siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus II diperoleh hasil 77,5% siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Strategi Pembelajaran College Ball dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 pada standar kompetensi Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Wen p |
Keywords: | Model pembelajaran; Group investigation; Strategi college ball; Group investigation and strategi callage ball; Aktivitas; Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13929 |