Ramadhan, Agung (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS 1 SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441001 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
709441001 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
709441001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
709441001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
709441001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709441001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
709441001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
709441001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
709441001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
709441001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajarakuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 1SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan penerapan ModelPembelajaran Creative Problem Solving dan Strategi Pembelajran Aktif GroupResume.Penelitian ini dilaksankan di SMA Negeri 11 Medan. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas XII IS 1 dengan jumlah siswa 40 orang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari duasiklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatandan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknikanalisa data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatifBerdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I kesiklus II. Pada siklus I diperoleh 57,5% atau 23 orang untuk kriteria aktif dansangat aktif dengan rata-rata 22,6. Sedangkan pada siklus II diperoleh 90% atau36 orang untuk kriteria aktif dan sangat aktif dengan rata-rata 25,07. Sehinggaaktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 32,5%. Selanjutnyates yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 19 orang dari 40 orang siswa yangmendapat nilai >70 atau sebesar 47,5% dan 21 orang mendapat nilai <70 atausebesar 52,5% dengan nilai rata-rata 65,875. Pada siklus II yang memperoleh nilai>70 sebanyak 31 orang (77,5%) dan siswa yang memperoleh <70 sebanyak 9orang (22,5%) dengan nilai rata-rata sebesar 82,575. Jadi peningkatan nilai rataratadari siklus I ke siklus II sebesar 16,70 (30%). Pengujian signifikan hasilbelajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dengan dk=n–1pada  =0,05 dan n = 40. Dari data perhitungan diperoleh thitung = 10 dan ttabel =1,68488 hasil pengujian menunjukkan thitung > ttabel yaitu 10>1,68488. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Strategi Pembelajaran Aktif Group Resume di kelas XII IS 1 SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Agu p |
Keywords: | Model pembelajaran; Creative problem solving; Strategi aktif group resume; Creative problem solving aktif group resume. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13927 |