Sitorus, Paramitha (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141165 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709141165 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
709141165 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
709141165 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
709141165 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709141165 BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
709141165 BAB V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
709141165 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XII IPS 2 SMA Negeri Medan T.P 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions dengan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question.Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPS 2 SMA Negeri Medan T.P 2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Data hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I siswa yang masuk kategori aktif sebanyak 5 orang (14,70%) dan dari hasil belajar siswa terdapat 16 orang (47,06%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 67,79. Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 70 % dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan hasil belajar yaitu 70 % maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 27 orang (79,41%) masuk dalam kategori aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 28 orang (82,35%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 75,59. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung 4,14 > ttabel 2,03.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions dengan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question di kelas XII IPS 2 SMA Negeri 14 Medan T.P 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan Kompetensi Dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Par p |
Keywords: | Model pembelajaran; Student tesm achievement divisions; Learning starts with a question; Student team achievement divisions; STAD and LSQ; Aktivitas; Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13926 |