Tampubolon, Damaris (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLISIT INSTRUCTIONS DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141028-COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
709141028 -LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
709141028-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB)
709141028-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
709141028 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
709141028 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
709141028 -DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
709141028 -DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
709141028 - BAB I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
709141028 - BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
709141028 -DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK Negeri 1Medan Tahun Pembelajaran2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas danhasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran ExplisitInstructions dengan Strategi Pembelajaran FIRE-UP di kelas XI Ak SMK Negeri1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang berada di JalanSindoro No. 1 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak 4 yangberjumlah 39 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan modelpembelajaran Explisit Instructions dengan Strategi Pembelajaran FIRE-UP.Penelitian dilakukan berdasarkan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan teshasil belajar yang berbentuk essay. Jenis data yang digunakan pada analisis dataialah data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis lembar observasi aktivitas siswa denganindikator yang ditetapkan untuk aktivitas yakni sebesar 75 %, maka diperolehhasil pada siklus I sebesar 56,4% masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif,karena belum mencapai indikator maka dilanjutkan siklus II dengan hasil 82,05%siswa masuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Hal ini menunjukkan adanyapeningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 25,65%.Untuk hasil belajar akuntansi siswa ditetapkan Kriteria Ketuntasan Minimum 75.Hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil yaitu 61,54% siswa memenuhiketuntasan dengan hasil nilai rata-rata 74,48 akan tetapi belum mencapai indicatorkeberhasilan. Olehkarena itu penelitian dilanjutkan kesiklus II. Hasil yangdiperoleh di siklus II yakni hasil belajar sebesar 84,62% siswa memenuhiketuntasan dengan nilai rata-rata 85,26 atau meningkat sebesar 23.08% yangberarti telah melampaui keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II.Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakanuji statistic atau uji t dengan dk= 39-1= 38 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungandiperolehthitung = 9,05 dan ttabel = 2,02. Sehinggat hitung>ttabel (9,05>2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explisit Instructions dengan Strategi Pembelajaran FIRE-UPdi kelas XI Ak 4 SMKNegeri 1 Medan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Dam p |
Keywords: | Model pembelajaran; Explisit instructions; Strategi fire - up; Aktivitas; Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13917 |