Astuti, Yunita Dwi (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DAN TEAM QUIZ DI KELAS XI IS SMA SATRIA BINJAI T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341159-COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
709341159-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
709341159-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
709341159-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
709341159-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
709341159-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
709341159-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
709341159-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
709341159-BAB I.pdf - Published Version
Download (892kB) | Preview
709341159-BAB V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
709341159-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasilbelajar pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkankolaborasi model pembelajaran Small Group Dan Team Quiz di kelas XI SMASatria Binjai Tahun Pembelajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui perbedaanyang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus dengan menerapkankolaborasi model pembelajaran Small Group Dan Team Quiz.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Satria Binjai yang beralamat di JalanSoekarno Hatta Binjai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yangberjumlah 36 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi modelpembelajaran small group dan team quiz untuk meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTKyang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untukmengumpulkan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembarobservasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu41,67% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 61 53 akan tetapibelum mencapai indikator keberhasilan yaitu 68 Oleh karena itu penelitiandilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajaryaitu 80,56% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,28 yangberarti telah melampaui indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti disiklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanyapeningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus Idiperoleh hasil 44,44 siswa masuk dalam kategori aktif dan pada siklus IIdiperoleh hasil 88,83% siswa masuk dalam kategori aktif. Berdasarkan ujisignifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dansiklus II dimana thitung= 8,19 ttabel 2,03.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasimodel pembelajaran Small Group dan Team Quiz pada materi mencatatdokumen/transaksi ke dalam jurnal khusus dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa di kelas XI IS SMA Satria Binjai T.P 2013 2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657 071 2 /Ast/u |
Keywords: | Model pembelajaran ; Small group ; Tem duiz ; Aktivitas belajar ; Belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13915 |