Sitio, Ulfarani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 2 SMK SWASTA TRISAKTI PEMATANGSIANTAR T.P2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141232 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
709141232 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
709141232 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
709141232 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
709141232 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
709141232 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
709141232 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
709141232 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
709141232 BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
709141232 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
709141232 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Aktivitas dan Hasil Belajar siswapada mata pelajaran Akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatanaktivitas dan hasil belajar Akuntansi melalui penerapan model pembelajaran Probing Promptingdengan strategi pembelajaran The Power Of Two.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Trisakti Pematangsiantar T.P 2013/2014 dengansubjek adalah siswa kelas XI Ak 2 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakantes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajarakuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan datakualitatif.Dari hasi observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus Iyaitu 16,6% siswa tergolong tidak aktif, 33,4% siswa tergolong kurang aktif, 30% siswatergolong kriteria cukup aktif, 16,6% siswa tergolong kriteria aktif dan 3,4% tergolong dalamkriteria sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 3,3% siswa yang tergolong dalam criteriakurang aktif, 20% siswa yang tergolong dalam kriteria cukup aktif, 56,7% siswa yang tergolongaktif dan 20% siswa yang tergolong sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatanaktivitas siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasilbelajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 18 siswa (60%) yang tuntas menjadi 26 siswa (86,7%)pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai≥70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan ujistatistik atau uji t dengan dk= 30-1= 29 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung =7,35 dan ttabel = 2,04. Sehingga thitung > ttabel (7,35> 2,04). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing Prompting dengan strategi pembelajaran The Power Of Two dikelas XI AK 2 SMK Swasta Trisakti Pematangsiantar semester genap Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sit p |
Keywords: | Model pembelajaran; Probing prompting; Strategi pembelajaran; The power of two; Aktivitas belajar akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13906 |