Fitriani, Rina (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN EXPLICIT INSTRUCTION DI KELAS XI IPS MAN 2 TANJUNG PURA T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141189 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
709141189 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (611kB) | Preview
709141189 PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
709141189 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
709141189 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709141189 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
709141189 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
709141189 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141189 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
709141189 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
709141189 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran team assisted individualization dan explicit instruction dapat meningkatkan aktitas dan hasil belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 tanjung pura tahun ajaran 2013/2014. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 2 Tanjung Pura yang berjumlah 40. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi aktivitas dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa persentase nilai pretest siswa yang tuntas adalah 12,5% dengan rata-rata nilai siswa adalah 52,00. Siklus I 57,5% dengan rata-rata nilai 72,40 dan hasil observasi aktifitas yaitu terdapat 12 orang (30%) siswa untuk kriteria tidak aktif, 21 orang (52,5%) siswa untuk kategori cukup aktif, dan 7 orang (17,5%) siswa untuk kategori aktif. Pada siklus II diperoleh peningkatan hasil ketuntasan yaitu 85% dengan rata-rata nilai menjadi 89,5 dan hasil observasi aktifitas yaitu terdapat 6 orang (15%) siswa untuk kategori cukup aktif, 19 orang (47,5%) siswa untuk kategori aktif dan 15 orang (37,5%) siswa ntuk kategori sangat aktif.Untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II, digunakan rumus uji-t dan diperoleh thitung sebesar 6,52. Perhitungan ttabel diperoleh hasil sebesar 2,02 dengan membandingkan thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,52>2,02. Sehingga perbedaan hasil belajar akuntansi pada post test I di siklus I dan post test II di siklus 2 adalah signifikan positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Team Assisted Individualization dan Explicit Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XI IPS MAN 2 Tanjung Pura T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Fit i |
Keywords: | Akuntansi; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Akuntansi; Model pembelajaran; Strategi pembelajaran. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13905 |