Sigalingging, Ricky Herbet (2014) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114232 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
708114232 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
708114232 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
708114232 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
708114232 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
708114232 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
708114232 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
708114232 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
708114232 BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
708114232 BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
708114232 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi guru dan kinerja guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta Budisatrya Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru dan kinerja guru secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar Mata pelajaran kolega dan pelanggan siswa SMK Budi Satrya Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Budi Satrya Medan yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 40 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitaasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi dan regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kompetensi guru (X1) memiliki korelasi pada kategori cukup dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.682 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung> ttabel yaitu 5,742 < 2.023. Begitu juga dengan variabel kinerja guru (X2) memiliki korelasi pada kategori cukup dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.633 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung> ttabel yaitu 5,037 < 2,023. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung yang sebesar 24,559 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3.238. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear berganda, didapat koefisien regresi Y = 26,041 + 0,344 X1 + 0,234 X2. Kompetensi guru dan kinerja guru memberikan sumbangsih 57 % terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,570, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan pihak sekolah dalam hal ini pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait perlu meningkatkan kompetensi dan kinerja setiap guru, khususnya guru Mata pelajaran kolega dan pelanggan di SMK Budi Satrya Medan, dengan memberikan pendidikan melalui seminar-seminar dan diklat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Sig p |
Keywords: | Kompetensi guru; Kinerja guru; Faktor faktor; Hakikat kinerja guru; Prestasi belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13888 |