Simbolon, Dewi Purnama S. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK SWASTA RAKSANA MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114100- COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708114100- LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
708114100-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
708114100-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
708114100-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
708114100-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
708114100-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
708114100-BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
708114100-BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
708114100-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani surat masuk dan keluar kelas XI AP di SMK Swasta Raksana Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Swasta Raksana Medan, yang terdiri dari 2 kelas, dan yang menjadi sampel juga seluruh kelas XI AP tersebut dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-tes dan pos-tes, dengan jumlah 20 soal terdiri dari 4 pilihan jawaban. Salah satu pilihan merupakan kunci jawaban, sedangkan 3 pilihan lainnya sebagai pengecoh. Dimana pada soal tersebut ada 1 soal yang tidak valid dan 19 soal valid.Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata dengan metode Creative Problem Solving pre-tes 𝑋 = 39,82; SD = 10,47, dan pos-tes 𝑋 = 73,10; SD = 9,85 sedangkan dengan pembelajaran konvensional pre-tes 𝑋 = 38,03; SD = 8,96, dan pos-tes 𝑋 = 65,53; SD = 9,84. Untuk menguji hipotesis digunakan uji „t‟, setelah dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas dan homogenitas sampel. Dari hasil rata-rata pos-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan α = 0,05 dan dk = 55 diperoleh antara thitung = 2,99 dan ttabel = 1,71 maka thitung > ttabel yang berarti bahwa hipotesis alternatif diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menangani surat masuk dan keluar kelas XI AP SMK Swasta Raksana Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Sim p |
Keywords: | Belajar mengajar; Model pembelajaran; Creative problem solving; Konvensional; Hasil belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13887 |