Andika, Putra (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310124-COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
708310124-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
708310124-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
708310124-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
708310124-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
708310124-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
708310124-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
708310124-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
708310124-BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
708310124- BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
708310124-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajarekonomi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Picture andPicture dengan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarekonomi siswa kelas X SMA.Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Ajaran2013/2014 dengan subjek siswa kelas X-4 yang berjumlah 44 orang. Penelitian iniberbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus,dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi,dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunanakan adalah tes hasilbelajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Sedangkan untuk analisisdata digunkakan dalam beberapa tahap yaitu data kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretes sebelumdiadakannya tindakan pada siklus I adalah 61,75 dimana 45% siswa yangmemenuhi standar ketuntasan belajar, setelah diadakan siklus I skor rata-rataadalah 69,38 dengan 65% telah mencapai standar ketuntasan belajar dan setelahdiadakan tindakan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 82,38dengan 85% siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan belajar. Sedangkanaktivitas juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 17orang (42,50%) siswa yang aktif, 10 orang (25%) siswa cukup aktif, 10 (25%)siswa kurang aktif, dan 3 orang (7,5%) siswa tidak aktif, sedangkan pada siklusII mengalami peningkatan menjadi 18 orang (45%) siswa sangat aktif, 11orang(27,50%) siswa aktif, 5 orang (12,50%) siswa cukup aktif, dan 6 orang (15%)siswa kurang aktif. Dengan demikian penerapan kolaborasi model pembelajaranPicture and Picture dengan Make a Match di kelas X-4 dapat meningkatkanaktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaranPicture and Picture dengan Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar ekonomi siswa di kelas X-4 pada pokok bahasan Uang dan Perbankan diSMA Swasta Persiapan Stabat tahun ajaran 2013/2014..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 And p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif; Picture; Media gambar; Make a match; Aktivitas belajar; Hasil belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 06:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13861 |