Silaban, Yenni Tetra Sari (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KUTALIMBARU TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141241 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
709141241 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
709141241 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
709141241 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
709141241 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
709141241 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141241 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
709141241 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141241 BAB I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
709141241 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
709141241 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kutalimbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kutalimbaru dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Index Card Match dan Crossword Puzzle.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kutalimbaru yang berlokasi di Desa Suka Rende Pasar IV, Kutalimbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 dengan jumlah 39 siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Index Card Match dan Crossword Puzzle. Teknik Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswa dengan 43,58%. Data postes siklus I dengan rata-rata nilai 69,23% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 25,65%. Sedangkan, data postes siklus II dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 92,30% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 23,07%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 10,25%.( Siklus I 79,49% sedangkan Siklus II 89,74%).Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Index Card Match dan Crossword Puzzle pada standar kompetensi Mengenal Pasar Modal di kelas XI SMA Negeri 1 Kutalimbaru Tahun ajaran 2013/2014 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Index Card Match dan Crossword Puzzle dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330 071 /Sil/p |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif ; Index card matoh ; Crossword puzzle ; Aktivitas belajar ; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13860 |