Nisa, Ikhwatun (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS IX MTS AL – AZHAR BULU CINA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7114141003 COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7114141003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7114141003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
7114141003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7114141003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
7114141003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7114141003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7114141003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7114141003 BAB I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
7114141003 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7114141003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar padamata pelajaran ekonomi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan melalui penerapan kolaborasimodel pembelajaran Jigsaw dengan Probing Prompting pada materi Uang DanLembaga Keuangan Kelas IX MTs Al-Azhar Bulu Cina T.P 2013/2014.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan diMTs Al-Azhar Bulu Cina T.P 2013/2014 yang beralokasi di Jl. Emplasmen.APTPN-2 Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak. Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas X2 yang berjumlah 30 orang.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa Deskriptif. Yangdilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaituperencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan untukmengukur hasil belajar berupa tes dan observasi. Tes diberikan sebanyak 15 soaldalam 1 siklus dan observasi dilakukan selama pembelajaran berlangsung.Sebagai indikator ketuntasan belajar, dengan KKM sebesar 70 dan kriteriaketuntasan klasikal sebesar 70 %.Dari siklus I, hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasanklasikal, yaitu hanya 18 orang yang tuntas (60,00%) sehingga dilanjutkan dengansiklus II. Dalam siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 26 orang yang tuntas(86,66%). Demikian juga presentase peningkatan aktivitas siswa yang masukdalam kategori aktif dan sangat aktif meningkat dari siklus I sebanyak 43,33 %menjadi 73,32% pada siklus II.Dengan demikian, “Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Jigsawdengan Probing Prompting Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil BelajarSiswa Kelas IX MTs Al-Azhar Bulu Cina” telah berhasil dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330 071 /Nisa /p |
Keywords: | Kooperatif tipe jigsaw ; Modal pembelajaran ; Probing promting ; Strategi belajar ; Aktif ; Belajar siswa ; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13858 |