Malau, Heldiana (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODELPEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN COURSE REVIEW HORAYUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XSMA SWASTA CITRA HARAPAN MEDAN PERCUT SEI TUAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141073 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709141073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
709141073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
709141073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
709141073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
709141073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
709141073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
709141073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709141073 BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
709141073 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709141073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasilbelajar Ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Citra Harapan Medan Percut SeiTuan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar Ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Citra Harapan Medan Percut SeiTuan dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered HeadsTogether dengan Course Review Horay.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Citra Harapan Medan PercutSei Tuan yang berlokasi di Jl. Medan Percut Km. 19,5 Percut Sei Tuan Kab. DeliSerdang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 30siswa dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajarekonomi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran NumberedHeads Together dengan Course Review Horay. Teknik Pengumpulan data denganmenggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tesuntuk melihat hasil belajar siswa. Sedangkan teknik analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Dari hasil analisis diperoleh data pre test sebagai hasil belajar awal siswadengan 33,33%. Data post tes siklus I dengan rata-rata nilai 56,67% berarti adapeningkatan hasil belajar siswa sebesar 23,34%. Sedangkan, data post tes siklus IIdengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 86,67% berarti ada peningkatan hasilbelajar siswa dari post tes siklus I ke post tes siklus II sebesar 30 %. Hasilobservasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar36,67%.( Siklus I 33,33% sedangkan Siklus II 70%).Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaranNumbered Heads Together dengan Course Review Horay pada standarkompetensi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi di kelas X SMA SwastaCitra Harapan Medan Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2013/2014 membuktikanpeningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini berarti bahwa penerapankolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together dengan Course ReviewHoray dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Ekonomi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330 071 /Mal/p |
Keywords: | Model pembelajaran ; Mimbered heads pgether ; Course review horay ; Aktivitas belajar ; Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13820 |