Panjaitan, Daniel (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN BUZZ GROUP DENGAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141029 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
709141029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
709141029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
709141029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
709141029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
709141029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
709141029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
709141029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141029 BAB I.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
709141029 BAB V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
709141029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
Abstract
Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Buzz Group dengan Probing Prompting Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Medan T.A. 2013/2014”. Skripsi Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2013.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan kolaborasi model pembelajaran Buzz Group dengan Probing Prompting pada kelas X SMA Negeri 13 Medan T.A. 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Medan pada tahun ajaran 2013/2014 dengan subjek adalah kelas X1 yang berjumlah 44 orang. Dengan metode pengumpulan data lembaran tes, guna mengetahui hasil belaja siswa, serta dengan observasi, guna mengamati aktivitas siswa secara pribadi maupun secara kelompok. Hipotesis tindakan pada penelitian ini dengan menggunakan indikator keberhasilan tindakan kelas sebesar 85% siswa memperoleh nilai di atas atau sama dengan 70 dan untuk aktivitas sebesar 70%.Dari hasil tes yang dilakukan dan hasil observasi selama kegiatan berlangsung terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari 61,36% pada siklus I menjadi 90,91% pada siklus II, sehingga peningkatan hasil belajar dari kedua siklus sebesar 29,55%. Berdasarkan pengamatan aktivitas siswa, terdapat peningkatan aktivitas belajar dari 59,09% pada siklus I menjadi 88,64% pada siklus II, sehingga peningkatan dari kedua siklus sebesar 29,55%.Berdasarkan data tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Buzz Group dengan Probing Prompting.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330 071 /Pan/p |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif ; Guru ; Aktivitas pelajar ; Hasil belajar ; Model pembelajaran ; Buzz Group ; Probing prompting |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13818 |