Pratama, M. Ibnu (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 SEI BINGAI T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141120 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
709141120 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
709141120 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
709141120 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
709141120 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
709141120 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
709141120 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
709141120 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
709141120 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
709141120 BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709141120 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dengan strategi pembelajaran The Power of Two dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus, di kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sei Bingai T.P. 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sei Bingai pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Sei Bingai berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan aktivitas belajar akuntansi siswa, yaitu selama siklus I terdapat 15 orang (41,7%) yang tergolong aktif dan selama siklus II jumlah siswa yang tergolong aktif meningkat menjadi sebanyak 29 orang (80,6%) atau terjadi peningkatan sebesar 38,9% dari siklus I ke siklus II; (2) adanya peningkatan hasil belajar akuntansi siswa, yaitu pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar akuntansi siswa sebesar 66,53 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang (61,1%), sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 79,72 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 31 orang (86,1%) atau dengan kata lain menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai sebesar 13,19 dan peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 25% dari siklus I ke siklus II; (3) hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,21 > 2,00 yang berarti adanya perbedaan peningkatan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu rata-rata nilai postes siklus II (79,72) lebih besar dari rata-rata nilai postes siklus I (66,53).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dengan strategi pembelajaran The Power of Two juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa pada materi akuntansi dan sistem informasi di kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sei Bingai T.P. 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Pra p |
Keywords: | Model pembelajaran; Numbered head together; Strategi pembelajaran; The power of two; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Akuntansi. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13814 |