Zuhra, Atika (2013) PENGARUH INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR SISWA SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141015 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
709141015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
709141015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
709141015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
709141015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
709141015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
709141015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
709141015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
709141015 BAB I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
709141015 BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
709141015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar menggunakan peralatan kantor siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia Medan.Penelitian ini dilaksanakan dikelas X SMK PAB-2 Helvetia Medan Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK PAB-2 Helvetia Medan Tahun Pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Random Sampling yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 117 orang siswa dengan persentase pengambilan sampel sebanyak 25% setiap kelas dan jumlah sampel secara keseluruhan adalah 30 orang siswa. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Angket yang digunakan berbentuk Multiple Choice dengan jumlah soal sebanyak 15 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata secara kesuluruhan pada distribusi angket internet sebagai sumber belajar sebesar 2,09 dikategorikan baik. Untuk mengetahui pengaruh antara Variabel X dan Variabel Y dihitung dengan menggunakan rumus Regresi Linear Sederhana dengan koefisien regresi konstanta a = 62,19 dan b = 0,55. Dengan demikian diperoleh untuk persamaan Regresi Linear Sederhana adalah Y = 62, 19 + 0.55x. kemudian untuk mengetahui besarnya kontribusi atau sumbangan Variabel X terhadap Variabel Y dihitung dengan menggunakan rumus Determinasi menurut Karl Pearson. Dan hasil dari perhitungan dapat diketahui kontribusi atau sumbangan Internet Sebagai Sumber Belajar (Variabel X) terhadap Prestasi Belajar Siswa (Variabel Y) adalah sebesar 0,48 atau sebesar 48%.Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Uji-“t”ndiperoleh harga sebesar 5,08 dan sebesar 1,70 pada taraf signifikansi 95% dengan dk = n – 2 = 30 -2 = 28 sehingga diketahui bahwa > yaitu 5,08 > 1,70 dengan kata lain hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Internet Sebagai Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK PAB-2 Helvetia Medan Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Zuh p |
Keywords: | internet; sumber belajar; manfaat; mata pelajaran; peralatan kantor |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13776 |