Simanjuntak, Ruth Sahanaya (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK BM DHARMA BAKTI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141204-COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
709141204-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
709141204-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
709141204-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
709141204-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
709141204-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141204-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709141204-BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
709141204-BAB V.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
709141204-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
709141204-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar Kewirausahaan siswa SMK BM Dharma Bakti Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa SMK BM Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK BM Dharma Bakti Medan yang berjumlah 46 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X AP dan kelas X AK. Kelas X AP sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang diajarkan dengan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R), dan kelas X AK yang berjumlah 23 orang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berbentuk objektif tes dengan jumlah 20 soal yang sebelumya telah diuji cobakan untuk mengetahui validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dengan terlebih dahulu menghitung uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data untuk kelas eksperimen yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) diperoleh nilai rata-rata pre-test 44,78 dengan standar deviasi 10,71 dan nilai rata-rata post-test 75,21 dengan stadar deviasi = 11,52. Sedangkan dari kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pre-test 40,43 dengan standar deviasi 10,12 dan rata-rata post-test sebesar 69,13 dengan standar deviasi = 10,97. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 1,930 dan ttabel sebesar 1,687 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05 dengan dk = 44. Dengan demikian thitung > ttabel (1,930 > 1,687). Maka dalam hal ini hipotesis yang menyatakan ada pengaruh strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa di SMK BM Dharma Bakti Medan Tahun Ajaran 2012/2013 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 9 Sim p |
Keywords: | strategi pembelajaran; PQ4R; kelebihan dan kekurangan; hasil belajar; kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13765 |