Nasution, Afrida Mandasari (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK PANCA BUDI 2 MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141005 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
709141005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
709141005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
709141005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
709141005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709141005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
709141005 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
709141005 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
709141005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh strategi pembelajaran aktif The Power of Two terhadap hasil belajar siswa pata mata pelajaran kewirausahaan di SMK Panca Budi 2 Medan T.P 2012/2013. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif The Power of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Panca Budi 2 Medan T.P 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AP SMK Panca Budi 2 Medan T.P 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Panca Budi 2 Medan T.P 2012/2013 yang terdiri dari 2 kelas dan jumlah seluruh populasi adalah 60 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI AP2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji “t”.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan strategi pembelajaran aktif The Power of Two lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran aktif The Power of Two diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 37 dengan standar deviasi sebesar 12,08 dan nilai rata-rata post-test sebesar 78,5 dengan standar deviasi sebesar 11,30 sedangkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 39 dengan standar deviasi sebesar 14,88 dan nilai rata-rata post-test sebesar 61,33 dengan standar deviasi sebesar 12,72. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,48 > 1,671 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis diterima yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi pembelajaran aktif The Power of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Panca Budi 2 Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 9 Nas p |
Keywords: | strategi pembelajaran aktif; aktif the power of two; konvensional; hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HJ Public Finance L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13764 |