Tampubolon, Nasrani (2013) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK BM DHARMA BAKTI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141141-COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
709141141-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
709141141-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
709141141-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
709141141-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
709141141-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141141-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
709141141-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141141-BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
709141141-BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709141141-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
709141141-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif dengan prestasi belajar siswa di SMK BM Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK BM Dharma Bakti Medan yang berjumlah 48 orang. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 48 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi dan regresi sederhana untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesis yaitu uji-t korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel interaksi edukatif (X) memiliki korelasi dengan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0.664. Koefisien korelasi bernilai positif dan pada berada pada kategori cukup karena berada pada rentang 0,600 – 0,800. Hubungan tersebut memiliki arti bahwa semakin tinggi interaksi edukatif guru dengan siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa di SMK BM Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa korelasi memiliki nilai sebesar 6,484 dan jika dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05 yaitu 2,013, diketahui bahwa thitung > ttabel (6,029 > 2,013). Hasil perhitungan menggunakan regresi linear sederhana, didapat koefisien regresi Y = 22,404 + 1,243 X. interaksi edukatif memberikan sumbangsih sebesar 44,10 % terhadap prestasi belajar siswa di SMK BM Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2012/yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,441, sisanya dipengaruhi oleh variabel atau faktor-faktor yang lain.Berdasarkan hasil analisis maka hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa di SMK BM Dharma Bakti Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Tam p |
Keywords: | interaksi; interaksi edukatif; peran pendidik; karakteristik siswa; prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13763 |