Simarmata, Surya Bangun (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI KELAS X AP DI SMK TELADAN PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141220 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
709141220 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
709141220 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
709141220 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
709141220 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
709141220 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141220 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
709141220 BAB I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
709141220 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709141220 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar komunikasi siswa . tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komunikasi kelas X AP di SMK Teladan Pematangsiantar tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Teladan Pematangsiantar yang berlokasi di Jalan singosari No. 3 Pematangsiantar pada tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X AP SMK Teladan Pematangsiantar yang berjumlah 77 orang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran komunikasi dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 butir soal, yang dimana validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda telah diuji penulis. Data yang telah diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk mengambil kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Probing Prompting lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Probing Prompting adalah pretest sebesar 39,26 dan postest sebesar 70,15 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 35,29 dan postest sebesar 59,5. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 4,006 > 1,669 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komunikasi kelas X AP di SMK Teladan Pematangsiantar Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.450 71 Sim p |
Keywords: | pengertian belajar; pendekatan; setrategi; metode pembeljaran; probing prompting; hasil belajar; konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13758 |