Mawaddah, Eti (2013) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN DI SMK BUDISATRYA MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441011-COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
709441011-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
709441011-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
709441011-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709441011-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
709441011-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
709441011-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
709441011-BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
709441011-BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
709441011-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan dan tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK SMK Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas. dengan jumlah keseluruhan sebanyak 120 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 orang yang diajarkan dengan metode Quantum learning dan X AK 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 24 orang yang diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen atau tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar bekerja sama dengan kolega dan pelanggan siswa dalam bentuk multiple choise sebanyak 20 item. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan penentuan skor, rata – rata, standar deviasi dan varians, uji normalitas dengan kriteria Lo < Ltabel pada α = 0.05 maka data berasal dari kelompok sampel yang berdistribusi normal dan uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis jika t hitung > ttabel pada α = 0.05.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata- rata dengan metode pembelajaran Quantum Learning pre tes (X ) ̅ = 47,5 SD = 8,722 dan post tes (X ) ̅= 80 SD = 7,801 sedangkan dengan metode pembelajaran konvensional pre tes (X ) ̅ = 44,58 SD = 9,19 dan post tes (X ) ̅= 69,791 SD = 10,982. Untuk harga ttabel dengan α = 0.05 dan dk 46 diperoleh 1,677. Karena diketahui thitung = 3,800 sehingga thitung > ttabel, maka dalam hal ini hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar bekerjasa sama dengan kolega dan pelanggan di SMK Budisatrya Medan T.P 2012/2013 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 19 Maw p |
Keywords: | model pembelajaran; quantum learning; metode konvensional; hasil belajar; kolega dan pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13741 |