Nababan, Novi Gabbi C. (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATI (APTITUDE-TREATMENT INTERACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BEKERJA SAMA DENGAN KOLEGA DAN PELANGGAN KELAS X SMK-BM SWASTA YAPIM MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141155 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141155 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
709141155 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
709141155 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
709141155 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
709141155 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
709141155 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
709141155 BAB I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
709141155 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
709141155 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar bekerja sama dengan kolega dan pelanggan siswa, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ATI (Aptitude-Treatment Interaction) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan kelas X AP di SMK-BM Swasta YAPIM Medan T.P 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK-BM Swasta YAPIM Medan yang berlokasi di Jalan Air Bersih No. 59 pada T.P 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AP SMK-BM Swasta YAPIM Medan yang berjumlah 62 orang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 butir soal, dimana sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran ATI (Aptitude-Treatment Interaction) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ATI (Aptitude-Treatment Interaction) adalah pre test sebesar 55,16 dan post test sebesar 78,23 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 54,68 dan post test sebesar 73,55. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 3,75 > 1,67 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran ATI (Aptitude-Treatment Interaction) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bekerja sama dengan kolega dan pelanggan kelas X AP di SMK-BM Swasta YAPIM Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 19 Nab p |
Keywords: | model pembelajaran; ATI; pelaksanaan kegiatan; belajar mengajar; belajar mandiri; hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13740 |