Lubis, Yusmalida (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REVIEW OVERVIEW PRESENTATION EXERCISE SUMMARY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG KONSUMSI, TABUNGAN, DAN INVESTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141248-COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
709141248-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
709141248-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
709141248-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
709141248-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
709141248-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709141248-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
709141248-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
709141248-BAB I.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
709141248-BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
709141248-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswapada mata pelajaran ekonomi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa kelas X8 SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan penerapan model pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary(ROPES).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch) yang dilaksanakan di kelas X8 SMA Negeri 11 Medan yang beralamatdi Jl. Pertiwi no 93 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X8SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 40 orang.. Tekhnik yang digunakan untukmengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tesyang digunakan adalah pilihan berganda. Tekhnik analisis data dalam penelitianini adalah reduksi data dan penyajian data. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pretest dengan rata-rata 61,75 sedangkan pada post test siklus I dengan penerapan model pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary(ROPES) mengalami peningkatan 11 poin dengan nilai rata-rata post test siklus I 72,75, sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 9,5 poin dengan nilai rata-rata posttest siklus II 82,25.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Review Overview Presentation Exercise Summary(ROPES) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Review OverviewPresentation Exercise Summary(ROPES) dapat digunakan sebagai alternativepembelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Lub p |
Keywords: | Model Pembelajaran; ROPES; Hasil Belajar; Ekonomi; Tindakan Kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 06:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13739 |