Nasution, Isma (2013) PERBEDAAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DAN MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X1 DAN X4 DI SMA KARTIKA I-2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341061 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709341061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
709341061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
709341061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
709341061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709341061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709341061 BAB I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
709341061 BAB V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
709341061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendekatan konstruktivisme dan model jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi kelas X 1 dan X 4 di SMA Kartika 1 -2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Kartika 1 -2 Medan yang berjumlah 6 kelas dan setiap kelas terdiri dari 35 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian yang diperoleh dari kedua kelompok belajar, dianalisis untuk mengetahui pengaruh antara kedua kelompok tersebut. Dari data diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen X 4 meningkat 43 (pretest) menjadi 79,3 (postest) sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen X1 meningkat dari 41 (pretest) menjadi 67,7 (postest). Berdasarkan data ini dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar siswa ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw lebih besar dibandingkan dengan kelas yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran jigsaw. Dari hasil uji normalitas, terlihat bahwa dengan tarf signifikan α = 0,05 pada tabel uji kolmogorov-smirnov untuk kelas eksperimen X1 adalah sig. 0.063 > 0,05 dan untuk kelas eksperimen X4 adalah sig. 0.091 > 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa data hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran jigsaw maupun data siswa dengan pembelajaran model kontruktivisme adalah berdistribusi normal. perhitungan uji independen sample t-test posttest diperoleh nilai t hitung 5,064 sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 (signifikan), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, dimana hasil belajar siswa ekonomi dengan penerapan model pembelajaran jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar siswa ekonomi yang diajar dengan penerapan metode pembelajaran kontruktivisme. Sehingga dapat dikatakan perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen X1 dan X4 yang menggunakan pendekatan konstruktivisme dan model jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi di SMA KARTIKA I – 2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Nas p |
Keywords: | Pembelajaran; Konstruktivisme; Jigsaw; Hasil Belajar; Ekonomi; Analisa Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13738 |