Rahmadini, Annisa (2013) HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN PENGGUNAAN WAKTU BELAJAR DI RUMAH DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS X DI SMA KARTIKA I-1 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341010 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
709341010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
709341010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
709341010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
709341010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
709341010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
709341010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709341010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709341010 BAB I.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
709341010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
709341010 BAB V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada hubungan kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar. (2) apakah ada hubungan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar. (3) apakah ada hubungan kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui hubungan kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar. (2) untuk mengetahui hubungan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar. (3) untuk mengetahui hubungan kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kartika I-1 Medan Jalan S. Parman No. 240 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan kuesioner (angket) dan dokumentasi nilai prestasi belajar siswa sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Kartika I-1 Medan yang terbagi atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 82 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara total sampling yang berjumlah 82 orang. Untuk menguji hipotesis 1 dan 2 digunakan statistik t dengan model korelasi product moment. Sedangkan untuk menguji hipotesis 3 digunakan statistik F dengan model korelasi ganda. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa diketahui thitung > ttabel yaitu 5,639 > 1,990. (2) ada hubungan positif dan signifikan antara penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi siswa diketahui thitung > ttabel yaitu 7,875 > 1,990. (3) ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar di rumah secara bersama-sama dengan prestasi belajar ekonomi siswa diketahui Fhitung > Ftabel yaitu 71,317 > 2,720 dengan koefisien determinan (R2) sebesar 0,644 yang berarti 64,4% kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar memiliki hubungan dengan prestasi belajar ekonomi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fhitung (71,317) > Ftabel (2,720), yaitu ada hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dan penggunaan waktu belajar di rumah dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Kartika I-1 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Rah h |
Keywords: | kelengkapan; fasilitas belajar; penggunaan waktu; prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 05:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13722 |