Tambun, Ida Hotmauli Hariati (2013) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRETASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMK DHARMA BAKTI MEDAN TA. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141078 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
709141078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
709141078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
709141078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
709141078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
709141078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
709141078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141078 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
709141078 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
709141078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
709141078 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.Penelitian ini dilakukan di SMK Dharma Bakti Medan semester genap TA. 2012/2013 dengan mengambil populasi sebanyak 62 siswa, sedangkan sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi sebanyak 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui uji t (Parsial) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan perhitungan thitung = 3,389> ttabel = 1,671 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan tidak ada pengaruh yang positif antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa denfan perhitungan uji thitung = -4,903< ttabel = 1,671. Serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa melalui uji F (Simultan) dengan perhitungan Fhitung = 16,380> Ftabel = 3,153 dengan nilai signifikansi 0,000< 0,05.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (Parsial) lingkungan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, sedangkan fasilitas belajar tidak berpengaruh positif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Secara uji F (Simultan) lingkungan belajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 9 Tam p |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Fasilitas Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class > HD5650 Employee participation in management. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13675 |