Saragih, Surya Darma (2013) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI IS SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141221 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709141221 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (952kB) | Preview
709141221 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
709141221 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
709141221 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709141221 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141221 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141221 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141221 BAB I.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
709141221 BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
709141221 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
709141221 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivias dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI IS 3 SMA Negeri 3 Medan T.P 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan pada semester genap T.P 2012/2013 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IS 3 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu peencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. sedangkan tekhnik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal adalah 40%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara klasikal 82,5%, menunjukan terjadi peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal 42,5%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 2,5% siswa yang tergolong tidak aktif, 32,5 % siswa yang tergolong kurang aktif, 37,5% siswa yang tergolong cukup aktif, 22,5% siswa yang tergolong aktif dan 5% siswa yang tergolong sangat aktif. Sedangkan pada siklus II tidak ada lagi siswa yang tergolong tidak aktif dan kurang aktif, 15% siswa yang tergolong cukup aktif, 67,5% siswa yang tergolong aktif dan 17,5% siswa yang tergolong sangat aktif. Dan dari hasil pengujian signifikansi hasil belajar akuntansi siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dengan df = n-1 = 40-1=39. Dengan df 39 dan taraf kesalahan 5% maka ttabel = 2,02 hasil pengujian menunjukan thitung > ttabel yaitu 9>2,02. Dengan kata lain hasil belajar siswa signifikanBerdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa metode brainstorminng dengan Model problem based instruction dapat meingkatkan aktivitas dan dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI IS SMA Negeri 3 medan tahun pembelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sar/p |
Keywords: | Aktivitas belajar; akuntansi; metode brainstorming;Problem based intruction |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13672 |