Nababan, Gunawan Leonardo Sihombing (2013) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141067 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
709141067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
709141067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
709141067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (0B)
709141067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
709141067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
709141067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
709141067 BAB I.pdf - Published Version
Download (870kB) | Preview
709141067 BAB V.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
709141067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan kompetensi guru terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan T.A 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan yang beralamat di Jln. Pendidikan No. 62 Medan Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah 101 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling atau secara acak. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengelolaan kelas dan kompetensi guru berupa angket yang berjumlah 54 soal. Validitas angket diuji dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment Pearson dengan hasil dari 54 instrumen, 8 diantaranya tidak valid. Reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alpha Croncbach dengan hasil untuk reliabilitas pengelolaan kelas adalah sebesar rhitung = 0,753 > rtabel = 0,413, dan untuk reliabilitas kompetensi guru adalah sebesar rhitung = 0,753 > rtabel = 0,413. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu: Y = 2,897 + 0,409X1 + 0.503X2. Dari hasil uji T dengan taraf signifikan 95% dan alpha 5% pada variabel pengelolaan kelas diperoleh thitung = 2,094 > ttabel = 2,068. Hasil ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan. Dari hasil uji T pada variabel kompetensi guru diperoleh thitung = 2,449 > ttabel = 2,068. Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan. Berdasarkan hasil uji F dengan nilai Fhitung = 56,165 > Ftabel = 3,44 menunjukkan bahwa variabel pengelolaan kelas dan kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan. Dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas dan kompetensi guru berpengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 Nab p |
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Tujuan; Kompetensi Guru; Faktor-faktor; Kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13669 |