Silalahi, Kultura (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114170 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
708114170 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
708114170 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
708114170 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
708114170 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
708114170 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
708114170 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708114170 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
708114170 BAB I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
708114170 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114170 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114170 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada materi pokok Kebutuhan Manusia di kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar T. A. 2012/2013 sertauntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kebutuhan Manusia di kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar T. A. 2012/2013.Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif TipeGroup Investigation (GI)terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kebutuhan Manusia kelas X SMA Negeri 2 PematangsiantarT.A. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 1 yang berjumlah 350 orang yang terbagi atas 9 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sebagai alat pengumpul data digunakan soal multiple choice.Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data.Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 37,00 dengan simpangan baku 8,254 dan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 37,375 dengan simpangan baku = 8,396. Dan analisa data skor rata-rata post-test pada kelas eksperimen (pembelajaran dengan model Kooperatif TipeGroup Investigation (GI)) diperoleh sebesar = 80,125 dengan simpangan baku sebesar 7,803. Rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol (pembelajaran dengan model konvensional) sebesar 68,875 dengan simpangan baku = 9,706. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata  = 0,05 diperoleh thitung = 5,713 sedangkan ttabel = 1,994. ternyata thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar Ekonomisiswa pada pokok bahasan kebutuhanyang diberi pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif TipeGroup Investigation (GI) lebih baik dari hasil belajar Ekonomisiswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa X SMA Negeri 2 Pematangsiantar T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 1 Sil p |
Keywords: | belajar; model belajar; konvensional; kooperatif; tipe Group Investigation |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13659 |