Ningtyas, Helena Pratiwi (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN PERALATAN KANTOR KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114148 COVER.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
708114148 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
708114148 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
708114148 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
708114148 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
708114148 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
708114148 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708114148 708114148 BAB I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
708114148 708114148 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114148 708114148 DAFTAR PUTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan peralatan kantor.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Kantor kelas XI SMK Negeri 7 Medan T.A 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan kelas XI AP Tahun Pembelajran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AP SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang terdiri dari6 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen dan XI AP2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple Random Sampling.Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan realibilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Demonstrasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 7,68 > 1,673 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Demonstrasi adalah pretes sebesar 46,75 dan postes sebesar 74,38 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 39,25 dan postes sebesar 65,5. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran menggunakan peralatan kantor kelas XI AP SMK Negeri 7 medan T.P 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 1 Nin p |
Keywords: | Model Pembelajaran Demonstrasi; Konvensional; Perbedaan; Pengertian Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Peralatan Kantor |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13658 |