Sari, Sutri Ratna (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA N 1 SALAPIAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310157 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
708310157 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
708310157 LEMBAR PENGASAHAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
708310157 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
708310157 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
708310157 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
708310157 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
708310157 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
708310157 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
708310157 BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
708310157 BAB V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
708310157 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA N 1 Salapian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas XI SMA N 1 Salapian melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Solving dengan Number Head Together (NHT).Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Salapian yang berlokasi di Jl. Perjuangan, Kec. Salapian Kab. Langkat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 40 orang dan Objek penelitian ini adalah Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Solving dengan Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus melalui 4 tahap yaitu : a. perencanaan b. pelaksanaan c. pengamatan d. refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis diperoleh data pretest sebagai hasil awal belajar siswa dengan ketuntasan 35%. Data postes siklus I dengan rata-rata nilai yang tuntas 55% berarti ada peningkatan hasil belajar sebesar 20%. Sedangkan, data postes siklus II dengan rata-rata ketuntasan nilai hasil belajar siswa 80% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 25%.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Number Head Together (NHT) pada standart kompetensi mengenal pasar modal di kelas XI SMA N 1 Salapian Tahun Ajaran 2012/2013 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini berarti Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Number Head Together (NHT) dapat digunakan sebagai altenative dalam pembelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Sar p |
Keywords: | model pembelajaran; problem solving; numbered head togother; hasil belajar; ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13656 |