Sembiring, Cindy Apulyana (2013) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA CR DUYNHOVEN SERIBU DOLOK TA 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141025 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
709141025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
709141025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
709141025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
709141025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
709141025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141025 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
709141025 BAB V.pdf - Published Version
Download (663kB) | Preview
709141025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Duynhoven Seribu Dolok TA 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Cinta Rakyat Duynhoven Seribu Dolok, Jl.Kaban Jahe No. 50 Seribu Dolok. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 90 orang dan terdiri dari 2 kelas. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah observasi, angket, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi semester 2. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian variabel secara parsial dilakukan dengan uji t sedangkan untuk pengujian kedua variabel secara bersama-sama dilakukan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tuaterhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa, dibuktikan dengan nilai t_hitung(3,224) >t_tabel(1,662) dengan taraf signifikan 95 % ( α = 0,05). (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa, dibuktikan dengan nilai t_hitung(3,615) >t_tabel(1,662). (3) Ada pengaruh yang signifikan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah secara bersama-samaterhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa, dibuktikan dengan nilai F_hitung (11,368)>F_tabel (3,10). Besarnya sumbangan atau kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu sebesar 20,7 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sem p |
Keywords: | status sosial; ekonomi orang tua; lingkungan sekolah; prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13655 |