Simanjuntak, Lisbet (2013) HUBUNGAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 PADA MATA PELAJARAN SURAT MENYURAT BAHASA INDONESIA T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141117 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
709141117 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
709141117 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
709141117 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
709141117 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
709141117 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
709141117 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
709141117 BAB I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
709141117 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
709141117 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan guru sebagai motivator dengan prestasi belajar Surat Menyurat Bahasa Indonesia Kelas XI SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Medan.Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan guru sebagai motivator dengan prestasi belajar surat menyurat bahasa Indonesia siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1, yang berjumlah 54 orang. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 54 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitaasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesis yaitu uji-t korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel guru sebagai motivator (X) memiliki korelasi dengan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0.725. Koefisien korelasi bernilai positif dan pada berada pada kategori cukup karena berada pada rentang 0,600 – 0,800. Hubungan tersebut memiliki arti bahwa semakin tinggi kompetensi guru maka semakin tinggi pula prestasi belajar pada mata pelajaran Surat Menyurat Bahasa Indonesia di kelas XI SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung korelasi memiliki nilai sebesar 7,592 dan jika dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan α 0,05 yaitu 2,003, diketahui bahwa thitung > ttabel (7,592 > 2,003). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara guru sebagai motivator dengan prestasi belajar kelas XI SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Pada Mata Pelajaran Surat Menyurat Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.750 719 Sim h |
Keywords: | Guru; Siswa; Motivator; Prestasi Belajar; Teknik Motivasi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5717 Business communication H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13651 |