Saragih, Fani Devi (2013) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DALAM KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PRIMBANA MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
7104141001 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7104141001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
7104141001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
7104141001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
7104141001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7104141001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7104141001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7104141001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7104141001 BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
7104141001 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7104141001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara lingkungan belajar dalam keluarga dengan prestasi ekonomi siswa kelas X SMA Primbana Medan T.P 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar dalam keluarga dengan prestasi ekonomi siswa kelas X SMA Primbana Medan T.P 2012/2013.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Primbana Medan T.P 2012/2013 yang berjumlah 90 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik random proporsional random sampling sebanyak 73 orang. Data penelitian lingkungan belajar dalam keluarga yang menggunakan angket sebanyak 24 pertanyaan dan dokumentasi Daftar Kumpulan Nilai (DKN) siswa pada bidang studi ekonomi.Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui hubungan variabel X terhadap variabel Y adalah ui korelasi dan uji persamaan regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji “t” regresi.Hasil penelitian menunjukkan regresi Y= 42,035 + 0,375X. Apabila lingkungan belajar dalam keluarga 0,375X, maka prestasi belajar siswa sebesar 42,035. Koefisien regresi sebesar 0,375 menyatakan bahwa setiap penambahan satu skor lingkungan belajar dalam keluarga akan memberikan kenaikan nilai prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 0,375. Hasil korelasi (r) = 0,305 dan signifikan 0,009 (0,009 < 0,05) menunjukkan hubungan yang kuat antara lingkungan belajar dalam keluarga dengan prestasi belajar pada bidang studi ekonomi kelas X SMA Primbana Medan. Pengujian uji t diperoleh nilai thitung = 2,697 dengan signifikan 0,009 (0.009 < 0.05) yang artinya hipotesis diterima, dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dalam keluarga dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Primbana Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Sar h |
Keywords: | Prestasi Belajar; Lingkungan Belajar; Keluarga; Penelitian |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13646 |