Pakpahan, Jhon Ferry (2013) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DENGAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI MARDI LESTARI MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141095 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
709141095 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
709141095 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
709141095 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
709141095 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709141095 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
709141095 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
709141095 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
709141095 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141095 BAB V.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
709141095 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dengan Everyone Is A Teacher Here serta perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Mardi Lestari Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Mardi Lestari yang terletak di Jl. Gatot Subroto Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dengan Everyone Is A Teacher Here. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dari data hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 6 orang siswa kategori sangat aktif (18.75%) sedangkan pada siklus II diperoleh 19 orang siswa kategori sangat aktif, (59.37%), menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 40.62%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 13 orang siswa (40.62%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 25 siswa (78.13%) pada siklus II, maka diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 37.51%. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70 % siswa memperoleh nilai ≥ 75. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dengan Everyone Is A Teacher Here pada standar kompetensi memahami pencatatan transaksi ke dalam jurnal khusus perusahaan dagang di kelas XII IPS SMA Mardi Lestari Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Kolaborasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dengan Everyone Is A Teacher Here dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Pak/p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Strategi Pembelajaran; Question Student; Have dengan Everyone ; |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2017 05:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13645 |