Zain, Dika Nita Prilda (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN MAKE �. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141036 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
709141036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
709141036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
709141036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709141036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
709141036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
709141036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709141036 BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
709141036 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
709141036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.Penelitian ini menerapkan kolaborasi model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan Make –A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penerapan kolaborasi model pembelajaran dilakukan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Pencawan Medan T.A. 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xb yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretest dan post tes berbentuk pilihan ganda, masing-masing 20 soal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai pretest siswa yang tuntas adalah 22,22% dengan nilai rata-rata 50. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar adalah 70,37% dengan nilai rata-rata siswa 69,07 dan persentase ketuntasan belajar kelompok adalah 60%. Pada siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan belajar yaitu mencapai 92,60% dengan nilai rata-rata 82,60 dan persentase ketuntasan belajar kelompok adalah 80%. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan kolaborasi model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan Make –A Match dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Pencawan Medan T.A. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Zai p |
Keywords: | model pembelajaran; kooperatif CIRC; Make A Match;; hasil belajar; ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13629 |