Simanjuntak, Dulles (2013) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIBORONGBORONG T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141039 COVER.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
709141039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
709141039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
709141039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
709141039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
709141039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
709141039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
709141039 BAB I.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
709141039 BAB V.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
709141039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi guru dan motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siborongborong T.P 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siborongborong T.P 2012/2013 yang berjumlah 63 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siborongborong T.P 2012/2013 yang berjumlah 63 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 18.0, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y=59.272+0.059X1+0.192X2. Selanjutnya variabel kompetensi guru (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig>0.05 atau (0.426>0.05), sementara motivasi belajar siswa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig<0.05 (0.024<0.05). Secara bersama-sama kompetensi guru dan motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig<0,05 atau (0.003<0.05). Persentase sumbangan pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 18%.Pihak sekolah dan juga guru bidang studi diharapkan memperhatikan dan menguasai kompetensi guru dan meningkatkan pemberian motivasi kepada siswa agar memiliki motivasi yang kuat dan konstan serta mengerahkan usaha belajarnya secara maksimal sehingga dapat mencapai prestasi belajar siswa yang memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Sim p |
Keywords: | komptensi guru; motivasi belajar; prestasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13628 |