Bangun, Enina Era Mustika (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS 1 SMA N 3 BINJAI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141046 COVER.pdf - Published Version
Download (790kB) | Preview
709141046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
709141046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
709141046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
709141046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (567kB) | Preview
709141046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709141046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709141046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709141046 BAB I.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
709141046 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
709141046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Number Head Together (NHT)untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ketenagakerjaan Tahun Pelajaran 2013/2014 Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Binjai yang beralamat di Jl. Padang Sidempuan No 24. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan subjek penelitian ini adalah kelas XI IS 1 yang berjumlah 33 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapankolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Number Head Together (NHT)untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur motivasi siswa dan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda. Dari hasil angket menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada pretest siklus I motivasi belajar siswa hanya mencapai 73,23% dari jumlah siswa di kelas XI IS 1 dan pada post test siklus I motivasi belajar siswa mencapai 78,14% kemudian pada post test siklus II menjadi 91,42% Atau mengalami peningkatan sebesar 18,19%. Dari hasil analisis data diperoleh data nilai rata-rata dari tes sebelum penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Number Head Together (NHT) adalah 62,18 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 orang siswa atau 21,21 %. Sedangkan pada tes sikus I nilai rata-rata siswa menjadi 73,15 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 orang siswa atau 45,45 %. Kemudian pada tes siklus II nilai rata-rata menjadi 84,39 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 28 orang atau 84,84% dari jumlah siswa di kelas XI IS 1. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar ekonomi pada materi ketenagakerjaan Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini berarti bahwa penerapankolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Number Head Together (NHT)dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Ban p |
Keywords: | kolaborasi; STAD; NHT; motivasi; belajar siswa; hasil belajar; ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13625 |