Hasibuan, Ziadatul Hasanah (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN SARANA PRASARANA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DAN KINERJA GURU SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141250 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
709141250 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141250 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
709141250 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
709141250 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
709141250 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
709141250 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
709141250 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
709141250 BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
709141250 BAB V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
709141250 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas apakah ada pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan sarana prasarana terhadap prestasi belajar ekonomi dan kinerja guru sebagai variabel moderating. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan sarana prasarana terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI dan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 15 Medan dengan populasi sebanyak 155 orang dan sampel sebanyak 61 responden. Teknik pengambilan sampel adalah proportional random sampling dan instrument yang digunakan untuk mengukur kepemimpinan kepala sekolah, sarana prasarana dan kinerja guru berupa angket yang berjumlah 59 butir soal. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment dengan hasil dari 59 butir soal, 1 diantaranya tidak valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil rhitung > rtabel (0,767 > 0,252) untuk kepemimpinan kepala sekolah, rhitung > rtabel (0,887 > 0,252) untuk sarana prasarana dan rhitung > rtabel (0,868 > 0,252) untuk kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model regresi linier ganda pada taraf signifikansi alpha 5%.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan sig > 0,05 (0,144 > 0,05), sarana prasarana tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan sig > 0,05 (0,304 > 0,05), kinerja guru tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan sig > 0,05 (0,723 > 0,05), sedangkan kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sig < 0,05 (0,039 < 0,05) dan sarana prasarana juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan sig < 0,05 (0,001 < 0,05). Hasil yang diperoleh pada uji interaksi menunjukkan bahwa variabel kinerja bukan variabel moderating bagi variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yaitu 0,006 < 0,144 dan juga bukan variabel moderating bagi variabel sarana prasarana terhadap prestasi belajar ekonomi siswa yaitu 0,0003 < 0,304. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dan sarana prasarana tidak mempengaruhi prestasi belajar ekonomi siswa, tetapi memiliki pengaruh terhadap kinerja guru. Variabel kinerja guru bukan variabel moderating bagi variabel kepemimpinan kepala sekolah dan sarana prasarana terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Has p |
Keywords: | kepemimpinan; kepala sekolah; kompetensi; gaya kepemimpinan; sarana prasarana; kinerja guru; prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 08 Nov 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13624 |