PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN PEMASARAN BARANG DAN JASA SISWA KELAS X PEMASARAN 1 SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Simatupang, Gerri Petrus (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MELAKUKAN PEMASARAN BARANG DAN JASA SISWA KELAS X PEMASARAN 1 SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141064 COVER.pdf]
Preview
Text
709141064 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 709141064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of 709141064 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 709141064 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141064 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 709141064 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 709141064 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141064 BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of 709141064 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141064 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 709141064 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar melakukan pemasaran barang dan jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuinya bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Peer Lesson dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melakukan pemasaran barang dan jasa siswa kelas X pemasaran 1 di SMK negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di jalan Sindoro No. 1 medan.penelitian dilakukan pada semester genap Tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Medan yang terdiri dari 38 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Peer Lesson . teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara test berbentuk essay dan lembar observasi aktivitas siswa. Adapaun analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Data nilai hasil belajar siswa pada siklus I Siswa yang mencapai KKM adalah 24 siswa (63.15%) dengan nilai rata-rata siswa adalah 67.38 dan pada siklus II diproleh 34 Siswa (89.47%) yang telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 84.47. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 26.32 dari siklus I ke siklus II. Hasil perolehan aktivitas siswa pada siklus I jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 5 siswa , Siswa yang aktif sebanyak 12 siswa, siswa yang cukup aktif sebanyak 13 siswa , dan siswa yang tidak aktif sebanyak 8 siswa . sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas dimana jumlah siswa yang sangat aktif sebanyak 13 siswa , Siswa yang aktif sebanyak 20 siswa, siswa yang cukup aktif sebanyak 5 siswa dan dan tidak terdapat siswa yang tidak aktif.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi pembelajaran Peer Lesson dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Mata Pelajaran Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa Siswa Kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 658.071 9 Sim p
Keywords: Strategi Pembelajaran; Peer Lesson; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Pemasukan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 03 Nov 2016 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13614

Actions (login required)

View Item
View Item