PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE DAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI UANG DAN PERBANKAN SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Turnip, Weldawaty (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE DAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI UANG DAN PERBANKAN SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709141237 COVER.pdf]
Preview
Text
709141237 COVER.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 709141237 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709141237 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 709141237 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709141237 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 709141237 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709141237 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 709141237 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709141237 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 709141237 BAB I.pdf]
Preview
Text
709141237 BAB I.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of 709141237 BAB V.pdf]
Preview
Text
709141237 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 709141237 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709141237 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran aktif Group to Group Exchange dan Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Budi Murni3 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Murni 3 Medan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas X yang berjumlah 44 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar ( post test dan pre test) dan observasi. Sedangkan tehnik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu Pada siklus I hasil belajar yang diperoleh adalah 52,27 % (23siswa) dengan rata-rata 75,20, sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh menjadi 88,64%(39 siswa) dengan rata-rata 85,02, jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 36,37 %. Berdasarkan hipotesis yang telah dibuat, maka merujuk kepada tabel uji t maka didapat bahwa nilai thitung = 6,567. Sedangkan ttabel = 2,017. Darihasil uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel Dapat disimpulkan penerapan kolaborasi model pembelajaran Group to Group Exchange dan Talking Chips di kelas X SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 membuktikan peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 658.071 2 Tur p
Keywords: Model Pembelajaran Aktif; Group to Group Exchange; Talking Chips; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 03 Nov 2016 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13613

Actions (login required)

View Item
View Item