Turnip, Weldawaty (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN AKTIF GROUP TO GROUP EXCHANGE DAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PADA MATERI UANG DAN PERBANKAN SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141237 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
709141237 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141237 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
709141237 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
709141237 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
709141237 BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
709141237 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
709141237 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran aktif Group to Group Exchange dan Talking Chips dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Budi Murni3 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Murni 3 Medan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas X yang berjumlah 44 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar ( post test dan pre test) dan observasi. Sedangkan tehnik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu Pada siklus I hasil belajar yang diperoleh adalah 52,27 % (23siswa) dengan rata-rata 75,20, sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh menjadi 88,64%(39 siswa) dengan rata-rata 85,02, jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 36,37 %. Berdasarkan hipotesis yang telah dibuat, maka merujuk kepada tabel uji t maka didapat bahwa nilai thitung = 6,567. Sedangkan ttabel = 2,017. Darihasil uji t tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel Dapat disimpulkan penerapan kolaborasi model pembelajaran Group to Group Exchange dan Talking Chips di kelas X SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 membuktikan peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Tur p |
Keywords: | Model Pembelajaran Aktif; Group to Group Exchange; Talking Chips; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13613 |