Pasaribu, Noval Novita (2013) PENGARUH BELAJAR MANDIRI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA PANCA BUDI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141153 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
709141153 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
709141153 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
709141153 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
709141153 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
709141153 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709141153 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
709141153 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141153 BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
709141153 BAB V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
709141153 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah apakah belajar mandiri dan status sosial ekonomi memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Panca Budi Medan pada mata pelajaran ekonomi Tahun Pembelajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Panca Budi Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 240dimana teknik pengambilan sample dalam penelitian mengunakan metode Proportional Random Sampling yang berjumlah 85 orang orang, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi linear berganda, uji t dan uji F.Variabel Belajar mandiri (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig < α yaitu 0,000<0,05. Sama halnya dengan status sosial ekonomi (X2) yang hasilnya juga menyatakan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan sig < α yaitu 0,017 < 0,05.secara simultan belajar mandiri dan satus sosial ekonomi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig < α yaitu 0,000<0,005. Presatsi belajar siswa dapat dijelaskan oleh variabel-variabel bebas sebesar 0,545 atau 54,5%.Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel X1 (Belajar Mandiri), X2 (Status sosial Ekonomi), berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel Y (Prestasi Belajar) baik itu secara parsial maupun secara simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Pas p |
Keywords: | Belajar Mandiri; Ciri-ciri; Proses; Status Sosial Ekonomi Keluarga; Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13610 |